Kamis, 14 Februari 2013

SEBUAH RAHASIA DI BALIK NAMA TUHAN



”Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya” (Daniel 2:20)

Kalau kita pergi ke Israel, pemandu kita biasanya adalah orang Yahudi non Kristen. Untuk menjadi pemandu wisata harus memiliki lisensi dari Pemerintah Israel setelah menyelesaikan pendidikan khusus selama dua tahun mempelajari ratusan situs Alkitab di Tanah Perjanjian.


Yaniv, pemandu Israel dari Compass International

Jadi sebagian besar pemandu wisata di Israel adalah para lulusan akademik, berpendidikan tinggi ... tapi sekuler, maksudnya tidak rohani. Mereka biasanya mengikuti ritual Paskah dan Hari Pertobatan, seperti halnya orang Kristen yang pergi ke gereja di hari Natal dan Paskah.

Selalu terasa membingungkan dalam perjalanan ke Israel bila mendengar pemandu berkata seperti ini, “Di sini Daud mengalahkan bangsa Amori,” atau, “Di sini Yesus membangkitkan Lazarus dari kubur,” tetapi mereka sama sekali tidak mengimani apa yang dikatakan.

Mereka berkata tentang Tuhan dan Yesus sepanjang hari, mengutip ayat-ayat kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, tetapi tidak mempunyai hubungan rohani. Mereka menyebut namaNya, tetapi arti terdalam dan yang penuh kuasa tidak dipahami.

Apa arti “Yahweh” ?

“Yahweh” adalah nama pribadi Tuhan di Alkitab. Ditulis dengan Tetragrammaton, yang terdiri dari empat huruf mati. Huruf Ibraninya adalah Yod, Hey, Vav, Hey, dalam bahasa Ibrani ditulis dari kanan ke kiri (huruf ibrani di bawah), sedangkan dalam bahasa latin dari kiri ke kanan (YHWH).



Masing-masing huruf Ibrani memiliki arti. Anda akan menyukai arti yang terdapat di dalam kata “Yahweh” !

Yod


Adalah huruf terkecil dalam alfabet Ibrani dan memiliki jenis maskulin (laki-laki). Huruf itu berbentuk simbol telapak tangan dari pergelangan tangan sampai ujung jari. Ini dibedakan dari huruf lain, kaf, yang berarti “telapak tangan.”

Hey



Hey adalah feminin dan berarti melihat, memperlihatkan atau menyatakan.
Dapatkah Anda menjelaskan ini menuju ke mana?

Vav



Vav adalah maskulin yang berarti sebuah paku, pasak atau kaitan, secara khusus berarti dipaku atau diikat bersama-sama.

Jadi jika kita membaca huruf Ibrani ini dari kanan ke kiri, maka nama Tuhan memiliki arti :

“Melihat Paku, Melihat Tangan”

Atau secara sederhana

“Lihat Tangan yang Terpaku.”

Artinya akan lebih jelas jika menggabungkan arti tiap-tiap huruf dengan kata yang terbentuk, Yahweh, YHWH, berarti “Keselamatan,” sehingga terjemahannya menjadi :

“Lihat, Tangan yang Terpaku adalah Keselamatan”



Ada satu ayat Alkitab mengenai tangan dan kaki Mesis yang terpaku :

“ ... mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam” (Zakaria 12:10)



“ ... mereka menusuk tangan dan kakiku” (Mazmur 22:16)

Dengan arti nama Tuhan yang sangat khusus ini, timbul pertanyaan mengapa orang Yahudi khususnya para pemandu wisata orang Yahudi tidak memahami fakta bahwa Yesus datang sebagai Mesias?

Jawabannya tentu saja ada di Alkitab: Tuhan sudah “membutakan” mata rohani mereka.

" ... kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?" Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga: “Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka." (Yohanes 12:38- 40)


Ido Keynan, generasi ke 7 pemandu Israel yang bisa 5 bahasa. Setelah 25 tahun mengutip ayat-ayat Perjanjian Baru, sekarang diselamatkan! Puji Tuhan!

Tetapi Tuhan tidak membutakan kita. Roh Kudus yang diam di dalam kita menyatakan kebenaran melalui FirmanNya di dalam Alkitab. (Compass International, Inc.)

* * * * *

Tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus (1 Kortinus 12:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar