Sabtu, 06 April 2013

CELAH ROH - Kejadian 4:1-8



Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN." Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani. Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan; Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya.

Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Kata Kain kepada Habel, adiknya: "Marilah kita pergi ke padang." Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.

 Inline image 1

Mengapa Allah secara spesifik menceritakan tentang hati panas dan muka muram Kain setelah persembahannya tidak diindahkan Tuhan ?

Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." 1 Samuel 16:7

Hanya Allah Bapa, Tuhan Yesus dan Allah Roh Kudus yang dapat melihat isi hati kita, tidak ada satu mahluk pun yang dapat melihat isi hati kita termasuk iblis dan roh jahat namun iblis dan roh jahat dapat melihat temperatur / suhu dari hati kita, belum lagi ditambah raut wajah kita yang juga berubah pada saat kita sedang memendam kemarahan / kejengkelan.

Amsal 4:23
(TB) Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan
(FAYH) Yang terutama sekali, jagalah hatimu karena hatimu mempengaruhi segala sesuatu dalam hidupmu.

Inline image 2

Pernahkah anda diperhadapkan dengan seseorang yang membuat anda jengkel, marah, keki namun karena anda Anak Tuhan dan anda tidak membalas malah yang terjadi adalah anda terus menerus diperhadapkan dengan orang tersebut ?

Pada saat anda marah, dalam roh, "suhu" hati anda akan meningkat walaupun raut wajah anda tidak menunjukkan apa-apa, "suhu" hati yang meningkat dapat terlihat langsung oleh roh jahat sehingga kesempatan tersebut langsung dimanfaatkan oleh roh jahat untuk terus-menerus membuat anda marah dengan cara mempertemukan anda dengan orang tersebut dengan tujuan agar anda menjadi dendam dan timbul akar pahit.

Efesus 4:26-27
(TB) Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
(FAYH) Jikalau Saudara marah, janganlah berdosa dengan membiarkan amarah itu menjadi dendam. Jangan membiarkan diri terus dalam keadaan marah sampai matahari terbenam. Atasilah kemarahan itu dengan segera. Sebab, jikalau Saudara marah, Saudara memberi kesempatan kepada Iblis.

Bagaimana untuk dapat segera "mendinginkan suhu" hati anda ? Cara yang paling cepat adalah segera ucapkan Firman Tuhan dengan bersuara / berbisik seperti mengucapkan :
  • Doa Bapa Kami
  • Mazmur 23 atau menyanyikan lagu "Tuhan adalah Gembalaku"
Demikian sharing ini, semoga menjadi berkat.

(Dari saudara seiman dalam Kristus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar